Ahmad Fathoni Hidupku penuh dengan game. Tanpa game hidup seperti masakan tanpa garam. Kurang lengkap! No Game No Life

Tips Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh, Wajib Coba!

2 min read

Beberapa tips untuk meningkatkan sensitivitas layar sentuh baik Android maupun iPhone dengan mudah. Wajib kalian coba untuk mengetahui hasilnya!

tips meningkatkan sensitivitas layar sentuh

Apakah kamu masih sering lihat orang menggunakan smartphone berkeyboard? Sudah tentu tidak, sekarang ini hampir semua smartphone yang diproduksi menggunakan layar sentuh dan ini merupakan sebuah kemajuan teknologi. Di lain sisi, layar sentuh yang buruk terkadang menimbulkan beberapa masalah.

Memiliki layar sentuh yang buruk memang sangat mengesalkan, apalagi jika kamu seorang yang gemar memainkan game. Game-game saat ini sangat mengendalkan sensitivitas layar, sedikit saja layar tidak sensitiv kamu mungkin akan kalah dalam sebuah permainan. Misalnya ketika memainkan game World of Dragon Nest. Apalagi ketika bermain game dalam Mobile Legend dan kamu menggunakan hero Fanny yang dikenal sulit karena membutuhkan kecepatan tangan untuk memainkannya.

Tidak hanya dalam bermain game, dalam aktivitas sehari-hari pun jika memiliki layar yang kurang sensitiv tentunya akan cukup mengganggu apalagi sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

Memang sulit mengetahui penyebab kenapa layar menjadi tidak sensitiv. Padahal jika dilihat dari tampilan fisiknya dari layar masih cukup baik, bahkan telihat baru. Hal-hal yang sering mengakibatkan layar menjadi tidak sensitive seperti:

  • Arus listrik yang berlebihan, biasanya digunakan sambil melakukan charger.
  • Terlalu banyak animasi yang ditampilkan, apalagi ketika kamu bermain game berat.
  • Layar mengalami benturan.

Berlatar belakang dari hal tersebut, disini ada tips untuk mengatasi layar tidak sensitiv pada smartphone mu. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan.

Tips Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh, Harus Kalian Coba!

1. Mengurangi skala animasi yang ada di layar

mode developer untuk mengurangi skala animasi

Ini merupakan cara tidak langsung, namun akan berdampak cukup signifikan! Khusus pengguna Andorid. Kamu dapat mengurangi skala animasi menjadi lebih cepat. Prinsipnya semakin besar nilai skala animasi, semakin lama respon yang diberikan. Jadi perkecillah nilai sekala animasinya. Tidak ketinggalan, optimalkan kinerja RAM untuk mempercepat prosesnya. Untuk mengubah dan mengoptimalkannya, kamu bisa melakukan hal ini.

  • Masuk ke Setting/Pengaturan
  • Pilih About Device/Tentang Perangkat
  • Pilih Software Info/Info Perangkat Lunak
  • Tap Build number/Nomor versi sebanyak 5 kali hingga muncul notifikasi “Developer mode has been enabled

Setelah kamu masuk dalam mode developer, kamu akan menemukan menu Developer Options yang letak menunya biasanya tepat di atas About Device. Masukklah dan aturlah seperti di bawah ini.

  • Ubah Window animation scale menjadi 0.5x
  • Ubah Transition animation scale menjadi 0.5x
  • Aktifkan (ON) Force GPU Rendering
  • Aktifkan (ON) Enable 4x MSAA
  • Aktifkan (ON) Disable hardware overlays
  • Aktifkan (ON) Do not keep activities
  • Ubah Limit background processes nya menjadi At most 3 processes
  • Aktifkan (ON) Show all ANRs

Lihat hasilnya, apakah kamu berhasil melakukannya?

Jika belum bisa, simak langkah selanjutnya.

2. Bersihkan layar smartphone

membersihkan layar smartphone

Ketika kamu terlalu sering menggunakan smartphone untuk aktivitasmu, tidak menutup kemungkinan terdapat keringat dan kotoran yang menempel di layar. Lakukan pembersihan dengan menggunakan tisu ditambahkan dengan handbody. Terkesan terlalu gampang, namun kamu wajib mencobanya terlebih dahulu.

3. Lepaskan anti gores atau tempered glasses

melepaskan tempered glasse

Cobalah untuk melepaskan tempered glasses, bisa jadi tempered glasses telah rusak. Tahu sendiri kan, saat ini tempered glasses dijual dengan begitu murahnya, sehingga membuat kualitasnya agak sedikit diragukan.

Terkadang dari kualitas yang buruk dari sebuah tempered glasses akan menyebabkan layar menjadi tidak sensitiv.

Cobalah lepas dahulu, semisal memang tempered glasses adalah penyebabnya, coba belilah produk yang memiliki kualitas baik dari segi sensitivitasnya. Biasanya harga yang ditawarkan juga sedikit mahal, selektiflah dalam memiliki produk.

4. Bersihkan file-file sampah

menghilangkan file-file sampah dalam smartphone

Sudah banyak aplikasi-aplikasi di Google Play Store yang fungsinya untuk menejemen file. Untuk kamu yang sering menginstall dan uninstall aplikasi secara berlebihan, tentunya akan berdampak buruk bagi smartphonemu. Disamping membuat memori menjadi penuh, akan banyak file-file sampah yang mengakibatkan smartphone menjadi lambat.

Sebagai saran, install lah aplikasi menejemen file seperti Clean Master atau CCleaner. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghapus file-file sampah yang ada dalam smartphonemu.

5. Gunakan ditempat yang tepat

smartphone memiliki layar yang panas

Carilah tempat yang memiliki banyak sinyal dan usahakan cari tempat yang dingin. Mengapa begitu? Coba bandingkan ketika kamu memainkan game online yang susah sinyal dengan yang banyak sinyal. Pasti akan ada perbedaan terhadap sensitivitas layar.

Ketika smartphonemu sulit mencari sinyal hal pertama yang terlihat dampaknya adalah smartphone menjadi panas. Ketika dalam keadaan panas berlebih, bisa dipastika fungsi sensitivitas layar akan menurun. Cobalah untuk membuktikannya!

Berbicara soal panas, kamu akan mengalaminya juga ketika melakukan charger. Hindarilah pemakain smartphone dalam kondisi di charger. Terkadang arus listrik yang berlebih akan mengakibatkan panas dalam smarphone apalagi jika kalian menggunakan charger yang KW.

Itulah sedikit tips yang perlu kalian coba untuk meningkatkan sensitivitas layar. Paling tidak cobalah untuk membuktikan apakah tips ini berhasil. Mungkin kamu tidak akan membutuhkan layar sensitive ketika memainkan game pertanian seperti Harvest Moon.

Sebagai akhir, di kondisi apakah sensitivitas layarmu menurun?

Berikan tanggapan dan ulasanmu di kolom komentar terkait tips ini.

Bagikan ke Temanmu
Avatar
Ahmad Fathoni Hidupku penuh dengan game. Tanpa game hidup seperti masakan tanpa garam. Kurang lengkap! No Game No Life

3 Replies to “Tips Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh, Wajib Coba!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *